Aulia Terpilih Jadi Duta Lingkungan Hidup 2013

MEMPAWAH, HUMAS – Setelah melalui masa seleksi yang cukup panjang, akhirnya Aulia terpilih sebagai Duta Lingkungan Hidup Kabupaten Pontianak tahun 2013. Selain itu, siswi SMAN 1 Mempawah Hilir ini juga berhasil menyabet gelar juara favorit pilihan penonton. Untuk putra, gelar Duta Lingkungan Hidup diberikan kepada Bambang, siswa SMAN 1 Mempawah Hilir.Acara penobatan pasangan duta lingkungan hidup ini dilangsungkan di Gedung Kartini, Mempawah, Sabtu (27/4) malam. Acara ini dibuka Bupati Pontianak, Ria Norsan. Tampak hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Pontianak Rubijanto, Sekretaris Daerah Gusti Ramlana serta sejumlah tamu dan undangan lainnya.


Bupati Pontianak dalam sambutannya mengatakan duta lingkungan adalah public figure, untuk itu diharapkan seluruh duta lingkungan dapat meneruskan dan meningkatkan gerakan pengelolaan lingkungan hidup dalam tiap aktivitasnya. Gaya Hidup Hijau (Green Life Style) yang telah dilakukan oleh para duta lingkungan perlu ditingkatkan dan ditularkan kepada masyarakat sehingga menjadi contoh positif bagi masyarakat umum dan hal itu diharapkan dapat lebih mendorong tumbuhnya gerakan masyarakat peduli lingkungan hidup.
Pola perilaku positif yang demikian, kata Bupati Norsan, selaras dengan tema pemilihan Duta Lingkungan Hidup Tahun 2013, yakni “Ubah Perilaku dan Pola Konsumsi Untuk Selamatkan Lingkungan Kita”. Konsep pemikiran ini bertalian erat dengan program pemerintah pusat maupun daerah dalam menjaga ketahanan pangan, baik secara lokal maupun global. “Pertumbuhan manusia di muka bumi ini semakin hari selalu bertambah. Jika pertumbuhan penduduk itu tidak diimbangi dengan ketersediaan bahan pangan yang cukup, maka hal itu akan berdampak pada ketidakseimbangan lingkungan hidup,” terangnya.
Pemilihan duta lingkungan hidup tahun ini diikuti oleh 19 peserta. Mereka adalah duta lingkungan hidup dari Kecamatan Mempawah Hilir, Kecamatan Mempawah Timur, Kecamatan Sadaniang, Kecamatan Anjongan, dan Kecamatan Sungai Pinyuh. Dari 19 peserta yang mendaftar, yang lulus seleksi administrasi hanya 16 orang. Menjelang pelaksanaan lomba, 2 peserta mengundurkan diri. Jadi untuk tahun ini jumlah peserta duta lingkungan hidup ada 14 orang, terdiri atas 5 peserta putra dan 9 peserta putri.
Selama masa penilaian, para peserta duta lingkungan hidup memperoleh pembekalan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, serta mendapat tambahan pengetahuan tentang bahaya narkoba. Para peserta juga berkesempatan melakukan ramah tamah dengan Bupati Pontianak dan dinas instansi di Kabupaten Pontanak. Tak ketinggalan mereka juga mengikuti tes kesehatan dan cek narkoba. Selain itu, para peserta juga berkesempatan melakukan orasi di SMAN 1 dan SMAN 2 Mempawah Hilir, serta SMKN 1 Mempawah Hilir. Para peserta juga diwajibkan mengikuti tes wawancara. Para pemenang di tingkat kabupaten ini nantinya akan mengikuti pemilihan duta lingkungan hidup di tingkat provinsi di Pontianak, 1-4 Mei 2013 mendatang. (Pringgo)

SUMBER

0 Comment "Aulia Terpilih Jadi Duta Lingkungan Hidup 2013"

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan baik ya :)